PKS GO PKS

Kenapa Relawan Bencana Memakai Seragam


Judul diatas adalah pertanyaan umum yang sering di sampaikan ke relawan seperti semisal relawan PKS, ada begitu banyak komentar miring tentang kegiatan relawan PKS, seperti misalnya kalau bantu yan bantu saja, gak perlu pakai atribut. 

Kalau niat ikhlas ya langsung saja ngapain atas nama partai dll.. nah sebelum menjawab pertanyaan itu simak dulu penjelasan kenapa kok relawan mesti pakai atribut

Relawan memakai seragam saat membantu korban bencana memiliki beberapa alasan. Beberapa alasan tersebut antara lain:

  1. Identifikasi: Seragam membantu mengidentifikasi relawan dari organisasi bantuan atau kelompok sukarelawan tertentu. Hal ini memudahkan koordinasi dan meminimalkan kebingungan pada saat bantuan datang dari berbagai organisasi.

  2. Keamanan: Seragam membantu mengidentifikasi relawan kepada petugas keamanan atau korban bencana lainnya. Ini memastikan bahwa hanya orang yang memiliki tujuan baik yang diperbolehkan untuk berada di area bencana.

  3. Perlindungan: Seragam dapat memberikan perlindungan fisik kepada relawan seperti helm, masker, dan rompi. Ini memastikan bahwa relawan aman dari bahaya seperti bahan kimia atau material berbahaya lainnya.

  4. Citra positif: Seragam memberikan citra yang profesional dan terorganisir bagi kelompok relawan. Ini juga memberikan rasa percaya diri kepada relawan saat membantu korban bencana.

  5. Mudah terlihat: Seragam memberikan relawan kesempatan untuk terlihat jelas di tengah-tengah kerumunan orang atau di tempat yang gelap. Hal ini sangat penting untuk memudahkan korban bencana untuk menemukan bantuan dan koordinasi.

Dalam hal ini, seragam juga dapat membantu relawan merasa termotivasi dan termobilisasi dengan baik untuk membantu dalam situasi bencana, sehingga memberikan manfaat yang besar bagi semua pihak yang terlibat.

Jadi semua tidak ada hubungan antara ikhlas dan tidak ikhlas. Apa bila semua ter organisir dengan baik maka akan mudah untuk menjalankan tugas dan tugas jadi lebih efektif.

kalau membantu nunggu ikhlas dulu maka bagaimana dengan TNI

Salam sehat untuk para relawan, setiap perbuatan ada balasannya, ikhlas ataupun tidak. Tetaplah berbuat baik, jika belum ikhlas maka angap saja itu latihan ikhlas.

Merdeka

0 Response to "Kenapa Relawan Bencana Memakai Seragam"

Posting Komentar

PKS GO PKS