PKS GO PKS

Lingkungan Itu





Istiqomah untuk terus menjaga keshalihan di luar bulan Ramadhan seringkali terasa berat berkaitan dengan lingkungan kondusif yang mampu mendukung seseorang untuk terus beramal shalih. Karena itu, beramal shalih di bulan Ramadhan terasa lebih ringan dijalankan dibandingkan di bulan lainnya.

Bagaimana tidak, selama Ramadhan, masyarakat secara serentak beramai – ramai menciptakan lingkungan dan suasan yang mendukung atmosfir kesalihan. Pakaian dirapikan, perkataan dan perbuatan dijaga penuh kesantunan, bahkan media massa berbenah diri menyajikan bahasan dan tampilan yang lebih sejuk. Tetapi, begitu fajar 1Syawal datang, hilang sudah nuansa Islami yang sudah terbangun sebelumnya. Aktifitas maksiat jalan kembali, tayanag seronok marak lagi dan masjid – masjid pun kembali sunyi.

Perilaku seseorang amat dipengaruhi oleh tuntutan diri dan lingkungannya. Karena manusia adalah anggota suatu lingkungan masyarakat , maka standar yang muncul dalam suatu lingkungan akan memicu seseorang untuk menyesuaikan dirinya dengan standar tertentu itu pula. Tak heran, orang yang aktif dan kontinyu ikut pengajian, umumnya memiliki perilaku yang terarah baik, sebab di dalam forum pengajian selalu ada standar dalam beramal shalih, bahkan ada target. Hasilnya tentu berbeda dengan yang ada di luar lingkungan pengajian. Karena tidak ada target dan tuntutan lingkungannya juga berbeda.

Karenanya, seseorang akan lebih ‘aman’ berada dalam kumpulan orang – orang yang baik agamanya. Akan selalu ada nasihat dan peringatan saat dirinya lalai. Jika belum ada lingkungan yang kondusif untuk keimanan kita, jadikanlah ini sebagai pemacu kita untuk menciptakannya, Memasyarakatkan kelompok pengajian. Meski di awal terasa berat, yakinlah bahwa ada orang di luar sana yang mau diajak untuk melakukan amal shalih secara bersama – sama.

0 Response to "Lingkungan Itu"

Posting Komentar

PKS GO PKS