PKS GO PKS

Ramadhan, The Real Game




Semakin menurunnya semangat beribadah dan beramal shalih pasca Ramadhan tidak terlepas dari tiga persoalan. Pertama, kesalahan paradigma dalam beribadah. Kedua, soal lingkungan yang tidak kondusif. Dan ketiga, berkaitan dengan hawa nafsu. Demikian pendapat ustadz Hilman Rosyad, konsultas syariah Partai Keadila Sejahtera.

Kesalahan paradigma beribadah berawal dari dicanangkannya Ramadhan sebagai bulan latihan, namun seringkali tanpa dikukuhkan kapan jadwal ‘bertandingnya’ tiba. Bila orang diminta berlatih namun tidak tahu kapan akan berlaga, tentu dia tidak akan serius daam berlatih. Itu sebabnya, semakin mendekati akhir Ramadhan, intensitas beribadah semakin menurun hingga meguap ketika Ramadhan berakhir.

Ada satu bentuk alternatif dalam mengubah paradigma yang sudah terpola dalam pemikiran banyak orang selama ini. Ramadhan bukan lagi bulan latihan tapi sebagai bulan the real game, pertandingan sesungguhnya. Dengan demikina,kita akan merasa dituntut untuk melatih diri selama sebelas bulan sebelum Ramadhan. Lantas, semua hasil latihan ini diterapkan pada ‘masa tanding’ di Bulan Ramadhan yang menjanjikan pahala dan keberkahan yang beripat ganda.

Bila kita berpikir bahwa Ramadhan sebagai the real game, maka semakin mendekat akhir Ramadhan, justru kita akan terpacu untuk semakin kuat beribadah dan beramal shalih, bukannya semakin kendur. Seperti halnya seorang pelari yang akan semakin mempercepat langkahnya menjelang garis finish.

Bila ini yang terjadi, kepergian Ramadhan tentuk akan ditangisi, karena keistimewaan itu baru akan datang setahun kemudian. Dan seharusnya kita selalu khawatir  bahwa ibadah Ramadhan yang kita lalui belum mencapai hasil maksimal. Itu sebabnya Rasulullah dan para sahabat bersedih hati dengan kepergian Ramadhan. Dengan mengubah paradigma bahwa sebelas bulan sebelum Ramadhan adalah bulan latihan, Insya Allah kita bisa mantap bertekad melatih diri lebih baik lagi sejak Syawal untuk persiapan Ramadhan berikutnya.

0 Response to "Ramadhan, The Real Game"

Posting Komentar

PKS GO PKS