PKS GO PKS

Istimewa, Sholat Gerhana Matahari Total

Hari ini (Rabu, 9/3/2016) rakyat Indonesia hampir bersamaan memandang ke langit. Mentari yang biasanya bersinar terang, sesaat cahayanya terhalang. Bukan oleh arakan awan, tapi oleh bulan.

Ya, gerhana matahari total kali ini memang terasa istimewa. Kejadian langka  ini memang hanya terjadi di wilayah Indonesia. Beberapa kota seperti Palu dan Ternate akan gelap gulita beberapa menit, sementara wilayah lain hanya sekedar temaram. Suasana teduh yang begitu menyentuh.

Gerhana matahari bukanlah fenomena alam biasa. Inilah salah satu bentuk kekuasaan Allah yang dengannya memberikan peringatan agar manusia senantiasa ingat siapa dirinya sebenarnya. Islam pun mengajarkan agar umat tak sekedar menikmati detik - detik tertutupnya matahari oleh bulan. Kita disunahkan untuk mengerjakan sholat gerhana matahari, lebih utama dengan berjamaah. Selain itu, Rasulullah juga menganjurkan agar kita memperbanyak dzikir dan sedekah.

Beberapa masjid pun menggelar sholat gerhana matahari pagi tadi. Seperti yang nampak di masjid istiqomah dolopo. Sebelum jam 6 pagi, masyarakat mulai berdatangan. Tua muda hingga anak - anak memenuhi ruangan masjid. Sekitar pukul 6.30, sholat pun dimulai. Setelah memanjatkan doa, acara diakhiri dengan makan bersama.

Menurut para ilmuwan, dari tahun 1945 hingga 2045 nanti, Indonesia akan mengalami gerhana matahari total sebanyak sembilan kali. Semoga peristiwa ini akan menambah keimanan dan ketaqwaan kita kepada Allah swt.

0 Response to "Istimewa, Sholat Gerhana Matahari Total"

Posting Komentar

PKS GO PKS