PKS GO PKS

Agama : Tak Sekedar Ibadah


Agama adalah akhlak. Agama adalah perilaku. Agama adalah sikap. Semua agama pasti mengajarkan cinta & kasih sayang.

Bila kita cuma puasa, shalat, baca Al-Quran, pergi pengajian, datang ke masjid, ke majlis dzikir, itu belum benar disebut orang beragama.

Tapi, bila saat bersamaan kita menjaga dan membangun hubungan sesama, memberi manfaat kepada orang lain, meyantuni fakir miskin, memberi makan anak-anak terlantar dll, maka itulah sebaik-baik manusia beragama dan menjalankan agama, seperti sabda Nabi: "Khoirun nash anfa'uhum lin nash".

Ukuran beragama seseorang bukan hanya dari kesalehan pribadinya, tapi juga dari kesalehan sosialnya.

Dalam sebuah hadis dikisahkan, suatu ketika Nabi SAW mendengar berita tentang seorang yang rajin salat di malam hari & puasa di siang hari, tetapi lidahnya menyakiti hati orang lain.
‘’Ia dineraka !’’ sahut Nabi.

Dalam hadis lain juga diceritakan, seorang sahabat yang memuji kesalehan orang lain di depan Nabi. Nabi bertanya, ‘’Mengapa ia kau sebut orang shaleh?’’

Sahabat itu menjawab, ‘’Karena, tiap saya masuk masjid ini dia sudah shalat dengan khusyuk & tiap saya sudah pulang, dia masih khusyuk berdoa’’.

"Lalu siapa yang memberinya makan & minum?’’ tanya Nabi lagi.

"Kakaknya’’, sahut sahabat tersebut.
Lalu kata Nabi, ‘’Kakaknya itulah yang layak disebut orang shaleh’’.

Nah, Coba kita renungkan hadits tersebut. Nabi mengajarkan keutamaan ibadah sosial, kemanfaatan diri buat manusia lain, yang memang sebenarnya setiap diri adalah Kholifatullah fil ardli .
Maka orang beragama ialah orang yang punya solidaritas & keprihatinan kepada manusia yang lain.

Orang beragama dan beriman- Bukan Sekedar orang-orang yg meratakan dahinya dan iktikaf masjid saja, sementara beberapa meter darinya ada orang yang butuh pertolongan/uluran tangan tidak dipedulikan.

Pesan sabda Nabi : "Kasihilah makhluk yang dibumi, maka engkau akan dikasihi yang "dilangit" !!!"
(HR.Thabrani) .

0 Response to " Agama : Tak Sekedar Ibadah"

Posting Komentar

PKS GO PKS