PKS GO PKS

Peringatan Hari Ibu Di Berbagai Negara

Tak bisa dipungkiri, ibu punya andil besar dalam setiap kehidupan manusia. Dari hamil, melahirkan, menyusui sampai merawat anak-anak hingga dewasa. Itu hanya sekelumit bagian perjuangan para ibu.
Tak heran jika di hampir semua negara memberikan perhatian khusus bagi kaum ibu. Bahkan, ada satu hari dalam setiap tahun didedikasikan untuk lebih menghargai perjuangan para ibu. Ada yang menyebutnya sebagai Hari Ibu (Mother's Day) atau Hari Perempuan (Women's Day). Warga Korea Selatan dan Albania menyebutnya sebagai Hari Orangtua (setiap tanggal 8 Mei).
Peringatan dan perayaan biasanya dilakukan dengan membebastugaskankan ibu dari tugas domestik yang sehari-hari dianggap sebagai kewajibannya, seperti memasak, merawat anak, dan urusan rumah tangga lainnya. Ada juga yang menperingatinya dengan memberikan hadiah terindah sebagai ungkapan terima kasih kepada para ibu.
Di Indonesia, Hari Ibu dirayakan pada tanggal 22 Desember dan ditetapkan sebagai perayaan nasional. Sementara di Amerika dan lebih dari 75 negara lain, seperti Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hong Kong, Hari Ibu atau Mother's Day (dalam bahasa Inggris) dirayakan pada hari Minggu di pekan kedua bulan Mei. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Perempuan Internasional atau International Women's Day diperingati setiap tanggal 8 Maret. Norwegia memperingatinya setiap pekan kedua bulan Februari. Yunani menetapkan tanggal 2 Februari sebagai Hari Ibu. Sementara itu tanggal 3 Maret dipilih Georgia, 25 Maret dipilih Slovenia, 7 April oleh Armenia, 10 Mei oleh Elsalvador, Guatemala dan Meksiko, diperingati sebagai Hari Ibu. Hari Ibu juga dirayakan oleh warga Paraguay setiap tanggal 15 Mei, Polandia 26 Mei, Bolivia 27 Mei, 30 Mei Nikaragua, 1 Juni Mongolia, 12 Agustus Thailand, 15 Agustus Belgia dan Kostarika, 19 Agustus India, 14 Oktober Belarusia, dan 8 Desember Panama.
 Perbedaan tanggal peringatan Hari Ibu di seluruh dunia dipengaruhi oleh sejarah, kebudayaan dan kepercayaan tiap bangsa. Seperti halnya di Thailand, Hari Ibu diperingati saat kelahiran Ratu Sirikit. Namun, pada intinya sama yaitu untuk lebih menghormati kaum ibu. Hari Ibu memang layak kita peringati setiap tahun. Namun, akan lebih baik jika kita menunjukkan bentuk kasih sayang kepada ibu setiap hari, tak harus menunggu tanggal 22 Desember.
Selamat Hari Ibu untuk seluruh ibu hebat Indonesia.

0 Response to "Peringatan Hari Ibu Di Berbagai Negara"

Posting Komentar

PKS GO PKS