PKS GO PKS

Afrika, Islam dan AIDS




Benua hitam Afrika merupakan rumah bagi sebanyak 1,1 milyar manusia. Sekitar 40% dari seluruh warga Afrika adalah kaum Muslimin. Komposisi Muslim Afrika paling banyak menyebar di wilayah utara.

Sebuah fakta menarik tentang persentase HIV/AIDS di negara-negara Afrika berdasarkan komposisi penduduk Muslim. Afrika utara dengan penduduk mayoritas Muslim, menjadi tempat dengan persentase HIV/AIDS paling kecil. Di Senegal yang 96% Muslim, hanya 0,5% penderita virus ini dibandingkan rerata benua Afrika lebih dari 2% populasi.

Sementara di Sudan, jumlah HIV/AIDS sebesar 0,2% persen dari jumlah penduduknya. Mayoritas penduduk Sudan adalah penganut Islam. Negara ini berpisah dengan Sudan Selatan pada tahun 2011 lalu.

Berbeda dengan Sudan, mayoritas penduduk Sudan Selatan adalah penganut Kekristenan dan agama asli Afrika. Uniknya, tingkat HIV/AIDS di Sudan Selatan mencapai 2,7% dari penduduknya pada tahun 2014 (UNAIDS).

Kawasan Afrika paling parah tingkat penderita HIV/AIDS-nya adalah regional bagian selatan. Afrika Selatan misalnya, sebanyak 6,8 juta orang diperkirakan menderita HIV/AIDS, atau sekitar 18,9% populasi. Di Afsel, jumlah Muslim sangat minoritas, kurang dari 2% penduduk.

Terbukti sudah. Jika Islam dijalankan dengan benar, akan menghindarkan pemeluknya dari segala hal yang membahayakan.

0 Response to "Afrika, Islam dan AIDS"

Posting Komentar

PKS GO PKS