PKS GO PKS

Ramadhan, Hati Cahaya





Mayoritas orang akan bersepakat, sukar ditemukan di luar Ramadhan orang bisa shalat malam begitu lama; 11, 23 bahkan 36 rakaat, mengkhatamkaan tilawah AlQuran berkali – kali, bersedekah banyak – banyak tanpa rasa terbebani.

Sangat mengagumkan, energi berlipat ganda justru di musim orang menjadi lapar dan haus. Jasad yang suka kenyang, terbebas dari lapar dan haus dan senang akan hubungan jasmani, bisa berpadu dengan ruh yang menyukai kelaparan, kehausan dan kesunyian.

Menu dzikir, sedekah, shalat, jihad dan muajahad, serta berbagai amalan langit yang dibenci unsur bumi dalam diri manusia, justru telah menggemukkan ruhnya. Betapa mulut yang wangi dan indah menurut pandangan mata lahir, sebenarnya berlumuran darah dan nanah, mengunyah daging saudara sendiri, karena ghibah atau namimah. Sebaliknya, mulut yang bau orang puasa justru disisi Allah lebih harum daripada minyak misik.

Itulah kebesaran puasa. Mengajak manusia menjauhi hal – hal yang disenangi tubuhnya, untuk sementara waktu saja. Hingga tiba berbuka, yang awalnya halal akan kembali halal. Dan tiada yang mampu melakukannya jika hatinya tertutup oleh debu – debu dosa. 

Bapak  Suprapto
Wakil Ketua Umum DPD PKS Kabupaten Madiun

0 Response to "Ramadhan, Hati Cahaya"

Posting Komentar

PKS GO PKS