PKS GO PKS

Ramadhan, Semakin Peduli


Semoga kita termasuk orang - orang yang mampu mewujudkan ketakwaan dalam jiwa dan mampu menyebarkan nilai - nilai ketakwaan di tengah masyarakat. Ramadhan, memberikan kesempatan yang luas bagi semua orang untuk membuktikan tingkat iman dan taqwanya, tak hanya dengan memperbanyak amalan wajib dan sunah, tapi juga menebar kepedulian sosial.

Rasulullah memanfaatkan bulan Ramadhan dengan bersedekah jauh lebih banyak daripada bulan yang lain. Ibnu Abbas menggambarkan kedermawanan beliau pada bulan Ramadhan lebih banyak dibandingkan tiupan angin. Karena itu, setiap muslim yang mampu hendaknya memperbanyak sedekah di bulan mulia ini.

Memperbanyak sedekah pada bulan Ramadhan boleh dilakukan oleh siapa saja. Jika tidak dapat memberikan sedekah berupa makanan yang enak, maka ia dapat memberikan sedekah berupa seteguk air minum kepada saudaranya untuk berbuka puasa atau pada saat tadarus Quran selepas tarawih. Ini adalah kebiasaan baik yang perlu terus dipelihara dan dikembangkan.

Nilai sedekah umat muslim yang berupa uang tunai juga naik signifikan. Tak hanya kotak amal masjid yang selalu terisi, penerimaan zakat infak dan sedekah seluruh lembaga pengelola ZISWAF di Indonesia biasanya meningkat tajam di bulan Ramadhan. Hal ini membuktikan bahwa Ramadhan mampu menggerakkan hati setiap orang untuk lebih peduli terhadap orang lain.

Ibu Asrifah Nur Aisyah, S. Si. Apt
Ketua Bidang Kesejahteraan Rakyat DPD PKS Kabupaten Madiun

0 Response to "Ramadhan, Semakin Peduli"

Posting Komentar

PKS GO PKS