PKS GO PKS

Ramadhan, Tak Cukup Modal Semangat


Berniat mengisi Ramadhan dengan penuh amalan? Ingin memburu Lailatul Qadar? Jika iya, siapkanlah segala kebutuhan secara lengkap. Berikut beberapa persiapan yang bisa dilakukan.

Persiapan Ruhani
Misalnya dengan memperbanyak tilawah, shalat, berdzikir, berdoa atau bersholawat atas nabi. Untuk menambah keimanan dan keilmuan, perlu buku – buku bermuata ruhiyah, seperti kumpulan doa dan zikir, ibadah, tazkiyatun nafs, dan buku tentang tauhid.

Persiapan Jasmani
Cara paling mudah adalah dengan menjaga kebersihan badan. Selain itu, tetap berolahraga ringan untuk menjaga kebugaran badan.

Persiapan Nutrisi
Puasa membuat asupan energi berkurang. Karenanya, perlu mengatur pola makan saat sahur dan berbuka puasa agar kebutuhan gizi bagi tubuh tertap terjaga. Bila perlu, minum suplemen kesehatan atau vitamin, terutama yang memiliki penyakit tertentu.

Selesaikan Urusan Keluarga
Sebelum memasuki masjid untuk I’tikaf, bagi yang sudah menikah, hendaknya segala kebutuhan keluarga sudah terpenuhi, terutama keuangan dan kebutuhan lain untuk Idul Fitri. Juga selesaikan urusan tetangga yang dirasa penting.
Bagi yang masih lajang, hendaknya menunaikan terlebih dahulu segala urusan terkait keluarga. Minta izin kepada orang tua, memberi tahu lokasi I’tikaf dan nomor kontak yang bisa dihubungi, jika sewaktu – waktu ada hal penting mendadak yang perlu dikabarkan.

Sebaiknya memilih tempat I’tikaf yang dekat dari rumah agar tidak merepotkan pihak keluarga saat ada kepentingan mendadak. Memilih tempat I’tikaf yang nyaman dengan sarana lengkap, seperti akmar mandi, wc, dan tempat menyimpan barang – barang bawaan. Jangan sampai masjid berubah menjadi kamp pengungsi yang kumh dan penuh sesak.

Selamat menunaikan ibadah puasa ramadhan
Selamat menjaring lailatul qadar

Bapak Muhammad Mahfur
Sekretaris Umum DPD PKS Kabupaten Madiun

0 Response to "Ramadhan, Tak Cukup Modal Semangat"

Posting Komentar

PKS GO PKS