PKS GO PKS

Tradisi Umar Bin Abdul Azis



 
Beginilah para pemimpin yang berhati nurani dan beriman kuat. Berusaha amanah dalam menjalankan tanggung jawab sebagai pemimpin. Berusaha memenuhi hak rakyatnya untuk mendapatkan pangan yang layak dan cukup. Bahkan, memperhatikan kecukupan pangan kepada binatang.
Inilah tradisi lama yang masih dilaksanakan di beberapa bagian negara Turki. Ketika lapisan salju menyelimuti permukaan bumi, orang-orang pergi ke puncak-puncak gunung menebarkan biji-bijian dan makanan supaya burung-burung tidak mati kelaparan sepanjang musim dingin. Memang, saat hampir semua pohon diselimuti salju, akan menyulitkan para hewan mencari makanan. Kondisi yang berlangsung dalam waktu beberapa bulan ini tentu akan mempengaruhi daya tahan hewan. Tak jarang, banyak binatang yang mati kelaparan, selain karena suhu yang demikian menusuk tulang.
Tradisi ini dimulai oleh Khalifah Umar bin Abdul Aziz yg tercatat di berbagai buku sejarah dengan kutipan narasi sebagai berikut, "Pergilah tebarkan biji-bijian di atas gunung-gunung agar tidak ada burung-burung yang mati di negara Muslim."
Demikianlah ajaran Islam yang begitu mengagumkan. Penuh kasih sayang kepada sesama makhluk. Benarlah Islam rahmatan lil ‘alamin.

credit : Ilana  Alazeh

0 Response to "Tradisi Umar Bin Abdul Azis"

Posting Komentar

PKS GO PKS