PKS GO PKS

Jokowi Harus Contoh Kepala Daerah dari PKS

Pengamat politik, Siti Zuhro dan Gubernur DKI Joko Widodo - Inilah.com
INILAH.COM, Jakarta - Pengamat politik, Siti Zuhro menyayangkan langkah Joko Widodo (Jokowi) selaku Gubernur DKI Jakarta menjadi jurkam (juru kampanye) Pilkada Jawa Barat pasangan Rieke Diyah Pitaloka-Teten Masduki.

"Sayang banget, ya tidak seharusnya dia (Jokowi) melakukan itu. Karena bagaimana pun juga Jokowi itu sudah menjadi kepala daerah, itu yang kita harapkan dia tidak menjadi juru kampanye," tandas Zuhro kepada INILAH.COM, di Jakarta, Minggu (17/2/2013).

Zuhro tidak memungkiri kalau pria yang kerap disapa Jokowi ini pernah didukung oleh Rieke saat mengikuti kampanye Pilkada DKI Jakarta. Namun lagi-lagi hal ini tidak perlu dilakukan ulang oleh Jokowi. Seharusnya Jokowi mencontoh langkah Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

"Kaya PKS kalau sudah jadi kepala daerah pasti tidak usah menjadi juru kampanye. Memang, meskipun dulu Rieke pernah menjadi juru kampanye Jokowi saat Pilkada DKI, tapi ini tidak perlu dilakukan ulang oleh Jokowi mengingat sudah menjabat sebagai orang nomor satu di Jakarta," tuturnya.

Jadi, lanjutnya, Rieke-Teten tidak usah memanfaatkan popularitas, mengikuti media, trend Jokowi dan lainnya. Sebab, bagaimana pun Jokowi saat ini sudah menjadi gubernur.

"Itu tata krama guna memberikan kepastian Jokowi juga yang ingin mereformasi birokrasi. Artinya, lurah, camat, wali kota itu dilakukan kompetisi oleh Jokowi, tapi ketika menjadi juru kampanye semestinya biarkan kompetisi itu berjalan sendirinya. Jangan diubah dari ala Pemerintah Provinsi DKI, kan Jokowi itu sebagai pucuk pemerintahan daerah," kata Zuhro.
Sebagaimana diberitakan sebelumnya, Jokowi mengajukan cuti selama dua hari untuk Sabtu dan Minggu guna berkampanye mendukung pasangan Rieke-Teten. Namun, surat cutinya baru diajukan pada Jumat. Padahal sesuai ketentuan surat cuti seharusnya diajukan dua minggu sebelumnya. [yeh]

0 Response to "Jokowi Harus Contoh Kepala Daerah dari PKS"

Posting Komentar

PKS GO PKS